Wednesday, April 29, 2015

Memulai Blog dengan Blogger

Saya pengguna baru blogger. Saking barunya sampe nggak familiar dengan tool-toolnya. Saya ngerasa saya bego' banget. Tapi, barangkali ada saudara sebangsa dan setanah air yang senasib dengan saya, saya dengan senang hati berbagi ilmu ke-blogger-an di blog saya ini. Tapi pelan-pelan saja ya, saya sesuaikan dengan apa yang telah berhasil saya lakukan pada blog saya ini, he...

Oke baiklah. Kita mulai dengan Bagaimana Cara Memulai Sebuah Blog dengan Blogger.
Ini langkah-langkahnya...


1. Miliki akun Gmail terlebih dahulu. Iya, Gmail, bukan yang lain. Karena Blogger dan Gmail itu memang telah mengalami perjodohan dalam trah keluarga besar Google.
Kalau kalian belum punya akun Gmail, bikin dulu ya. Kalau belum pernah bikin akun Gmail dan ngerasa bingung, silahkan lihat langkah-langkahnya di sini.


2. Setelah memiliki akun Gmail, masuk ke halaman www.blogger.com
    Lalu klik pada tombol "Blog Baru". O iya, sekedar info, di Blogger kalian bisa memiliki banyak alamat blog dengan hanya satu akun Gmail. Enak kan?!





3. Lalu akan keluar pop up seperti di bawah ini.
Isikan judul blog yang ingin ditampilkan. Isikan juga alamat blog yang diinginkan. Alamat blog otomatis akan berakhiran ".blogspot.com".





4. Kalau kotak di sisi kanan kolom "alamat" masih berwarna merah atau kuning, itu artinya alamat blog sudah ada yang memakai,, atau alamat blog tidak sesuai dengan standar blogger. Nah, sepanjang tanda kuning atau merah masih ada, kalian harus mengganti alamat blog kalian dengan yang lain.





5. Kalau sudah biru seperti ini artinya alamat blog bisa kalian gunakan. Selanjutnya tinggal memilih template blog (tidak perlu terlalu serius, nanti bisa diedit). Setelah memilih template, tinggal klik "Buat Blog"








Nah, blog sudah jadi. Untuk selanjutnya, saya akan bahas mengenai cara membuat menu bar. Tunggu postingan berikutnya ya ^_^











No comments:

Post a Comment