Tuesday, April 28, 2015

Lampu Botol Selai




Lampu dari botol selai bekas bisa kalian jadikan alternatif hadiah untuk teman ataupun keluarga kalian. Bisa juga untuk kalian pakai sendiri sebagai hiasan kamar maupun hiasan rumah. Bahkan beberapa orang membuatnya untuk dijadikan ornamen di hari pernikahan. Cara membuatnya sangat sederhana dan cepat. Hanya perlu waktu sekitar 10-15 menit. Soal biaya,, untuk Lampu Botol Selai yang sederhana tidak memakan biaya lebih dari Rp 10.000,-. Murah kan?!

Nah,, ini nih cara membuatnya. Gambar Tutorialnya saya ambilkan dari woonblog.typepad.com Kenapa tidak mengambil gambar dari tutorial yang saya buat sendiri? Hehe... Lagi-lagi karena alasan kamera dan kameramen yang belum handal. Tapi saya janji, untuk tutorial-tutorial selanjutnya, akan saya usahakan untuk menampilkan urutan kerja dari jepretan saya sendiri.

Bahan yang diperlukan:
- Botol selai bekas atau botol sambal bekas. Pastikan botol berbahan kaca, dan tutupnya berbahan seng.
- Lampu bohlam, warna dan ukuran disesuaikan dengan besarnya botol selai.
- Fitting lampu, disesuaikan dengan jenis lampunya
- Kabel dan stopkontak tentu saja


Alat yang diperlukan:
- Palu
- Paku
- Gunting
- Tang

Cara Membuat:
Siapkan alat dan bahan




Sebelum memulai dengan botol, rangkai dulu kabel, fitting, dan stopkontak.
Setelah itu lubangi tutup botol selai dengan paku dan palu. Bentuk lubang disesuaikan dengan bentuk fitting lampu.
Sekedar tips, buat juga lubang di tepi-tepi tutup botol selai. Fungsinya sebagai tempat keluar udara, sehingga lampu tidak cepat panas ketika dinyalakan.


Masukkan fitting lampu ke dalam tutup botol yang telah dilubangi tadi. Agar lebih stabil, bisa ditambahkan lem sebagai perekat. Lem sejenis Alte*o lho ya,, bukan lem kertas.






Setelah itu, tinggal masukan lampu ke dalam fitting. Terakhir, tutupkan botol dengan tutupnya.





Sudah. Jadi deh..

Nah, ini hasil yang sudah dihias dan dimodifikasi sesuai selera dan kebutuhan.













Kalo yang ini bikinan saya sendiri ^_^





Baiklah demikian paparan dari saya. Semoga kalian berani buat coba bikin ini sendiri ya....









No comments:

Post a Comment